Mengenal Ragam Kayu Indonesia

Kayu merupakan material yang sangat sering digunakan untuk kusen, lemari atau furniture yang lain. Indonesia sendiri merupakan negara diberkati dengan berbagai macam jenis kayu berkualitas. Namun kayu Indonesia memiliki jenis dan karakter yang berbeda-beda, ini yang membuat pemanfaatan setiap jenis kayu juga berbeda dan memiliki keuntungan yang berbeda pula.

Dari setiap pengalaman, kami akan sampaikan beberapa macam jenis kayu dan keunggulan serta kelemahan apa saja yang mungkin anda dapatkan ketika memakai salah satu jenis kayu.

1. Kayu Jati

Tentunya ini adalah kayu yang sudah sangat terknal dari ketahanan maupun keindahan coraknya. Kayu jati memang memiliki karakter yang sangat bagus untuk segala kebutuhan bangunan rumah baik untuk dekosari maupun furniture. Kesan mewah, megah, kokoh dan bergaya menjadi daya tarik tersendiri kayu jati, maka tak heran jika kayu ini bernilai jual tinggi.

Ada hal yang tidak banyak orang tahu tentang kayu jati, yaitu kandungan minyak pada kayu jati sangatlah tinggi. Hal itulah yang membuat kayu jati memiliki kekuatan yang baik dan terlihat indah dengan dengan corak yang dimilikinya.

2. Kayu Merbau

Karena kayu jati cukup mahal, maka kayu merbau bisa jadi solusi terkuat kedua setelah jatidengan harga yg lebih murah dari jati. Keunggulan kayu merbau juga tidak bisa di remehkan, dari segi warna kayu merbau memiliki warna yang unik mulai dari warna coklat muda hingga coklat kemerahan akan memberi kesan modern di rumah anda.

Selain warna dan tingkat kekerasan yang tinggi, kayu merbau juga memiliki keunggulan tahan terhadap serangan serangga dan cuaca extrim. Biasanya kayu merbau dimanfaatkan untuk membuat lantai kayu karena mungkin tidak terlalu memiliki motif serat yg bisa dinikmati tapi memiliki warna yang sangat mempesona.

3. Kayu Mahoni

Meski tak sekuat jadi tapi mahoni bisa juga menjadi alternatif pilihan untuk bahan furniture dalam ruangan anda. Kayu mahoni memiliki daya tarik pada bagian warna yang mencolok kemerahan dan memiliki corak serat yang sangat indah.

Selain menarik pada warna dan corak kayunya, kayu mahoni juga menarik dari segi harga yang lebih ekonomis. Biasanya kayu mahoni digunakan untuk bahan pembuatan pintu rumah juga pembuatan mebel.

4. Kayu Sonokeling

Umumnya kita mengenal 2 jenis kayu sono, yaitu sono kembang dan sonokeling. Kali ini kita akan membahas tentang sonokeling yang memang sangat unik dan mewah. Hal ini dikarenakan kayu ini memiliki banyak keunggulan seperti kayu kayu jati. Kemewahan kayu sonokeling terletak pada warnanya yang coklat kehitaman dan memiliki corak belang yang sangat indah sekali.

Cocok untuk material furniture dan juga lantai kayu yang tidak akan mengecewakan dengan corak mewah dan tingkat ketahanan yg tinggi, membuat harga kayu sonokeling ini agak sedikit mahal.

5. Kayu Pinus

Kayu pinus atau biasa orang sebut jati belanda adalah kayu yang sering dipakai untuk bahan furniture. Mungkin kita pernah berpikir kenapa kayu ini diberi julukan kayu jati belanda, mungkin karena kayu ini memiliki motif yang mirip dengan kayu jati tapi dengan dominan warna putih.

Kayu pinus memang memiliki motif yang tidak bisa diremehkan, tapi sayangnya kayu ini memiliki kelemahan terhadap serangga dan perubahan cuaca.

6. Kayu Kelapa

Kayu kelapa biasa digunakan untuk material bangunan. Kayu kelapa adalah kayu yang diambil dari pohon kelapa yang sudah sangat tua dan tidak akan berbuah lagi. Jenis kayu ini biasanya dimanfaatkan sebagai balok kayu yang cocok sekali untuk tiang atap rumah.

Sering kita dengar kayu kelapa adalah kayu yang kuat dan tahan terhadap serangan serangga, tapi sayangnya tidak semua kayu kelapa memiliki kekuatan seperti itu. Seiring berkembangnya jaman kayu kelapa bukan hanya dimanfaatkan sebagai bahan bangunan tapi juga dipakai untuk bahan baku pembuatan peralatan dapur dari kayu seperti cobek, spatula, bahkan mangkok dan piring.

7. Kayu Kamper

Sepertinya sudah tidak asing lagi dengan nama kamper. Benar sekali, kayu kamper adalah kayu yang getahnya digunakan sebagai bahan baku kapur barus atau kamper. Serat pada kayu ini lembut dan tajam, selain itu kayu ini juga memiliki bau khas yang membuat kayu ini tidak disukai oleh serangga.

Kayu kamper bisa dijadikan alternatif lain sebagai kayu berkualitas tinggi untuk bahan bangunan. Meskipun relatif kuat, kayu ini memiliki bobot yang ringan sehingga sering dianggap sebagai kayu yang kurang baik.

8. Kayu Meranti

Kayu meranti adalah jenis kayu yang cukup kuat. Tidak banyak yang tau bila kayu meranti dibagi menjadi dua jenis, yaitu meranti layu dan meranti merah. Sruktur kayu ini cukup tangguh dimana kayu ini tidak mudah mengembang dan menyusut terhadap perubahan cuaca.

Umumnya kayu meranti banyak dimanfaatkan untuk pembuatan kusen dan daun pintu. Tapi banyak juga yang memilih kayu meranti dalam bentuk plywood sebagai bahan baku furniture minimalis. Dengan kelebihan meranti bisa dipastikan plywood meranti adalah plywood yang cukup baik untuk menjadi pilihan anda

Kayu Asia Raya – Solusi Kayu Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *