Cara Memilih Plywood Yang Baik

Plywood merupakan material yang paling disukai untuk proses pembuatan interior maupun berbagai proyek hobi kayu. Plywood juga memiliki ketebalan yang presisi, mudah dikerjakan dan menghasilkan produk yang sesuai keinginan.

Plywood juga menghemat waktu pengerjaan dibandingkan kita harus memproses kayu solid, karena harus mengetam untuk menyamakan ukuran. Selain itu, plywood juga sudah mengalami treatmen pengeringan sehingga tidak perlu khawatir akan terjadi twist atau melintir

Namun plywood juga hadir dengan beragam mutu dan kualitas, mulai kualitas terbaik (biasanya jenis full meranti) hingga kualitas albasia (full sengon). Semua hadir dengan beragam harga dan kualitas yang dibutuhkan. Namun jika ingin membeli plywood untuk digunakan sendiri atau untuk suatu proyek, sebaiknya benar-benar teliti saat memilih. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih plywood yang baik.

Perhatikan Kelurusan Papan Plywood

Jika keputusan anda sudah tepat dalam memilih plywood untuk proyek anda, maka anda harus luangkan sedikit waktu untuk memilih dengan teliti dan cek kelurusan plywood. Sebab terkadang akan kita temui plywood yang bengkok seperti keripik. Plywood seperti ini akan sulit dikerjakan, kalaupun bisa digunakan biasanya banyak yang akan terbuang.

Cek Pinggiran Plywood

Setelah anda mendapat plywood yg lurus, berikutnya anda harus memperhatikan bagian pinggiran dari plywood. Perhatikan dengan seksama bagian pinggiran tiap sisi plywood, sebab dari pinggir akan nampak kerapihan susunan veneer di dalamnya. Usahakan mencari plywood yang memiliki lapisan padat, kokoh, dan tidak memiliki rongga yang memperlihatkan kualitas lem yang buruk.

Ketahui Grade Plywood

Plywood mempunyai beragam kualitas grade. Jika anda hendak membeli yang premium, maka pastikan penjualnya juga memahami kualitas yang kita butuhkan. Terutama jika hendak digunakan untuk ruangan anak-anak atau bahkan untuk mainan anak, sebaiknya anda memastikan untuk memilih plywood yang memiliki standar lem bebas formaldehide. Hanya sebagai informasi saja bahwa formaldehide adalah bahan yang mengandung formalin dan jika menguap bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan seperti gangguan pernafasan, insomnia, hingga peningkatan resiko kanker.

Ketahui Face dan Back Plywood

Pelapis plywood pada bagian penutup atas dan bawah dibagai menjadi dua, yaitu face dan back. Bagian face adalah bagian yang menampilkan sisi plywood untuk diekspose di depan, biasanya ada face sungkai, jati, meranti, dan ada juga face mahoni. Sementara back adalah veener bagian penutup yang menggunakan bahan meranti atau sengon, tergantung kualitas. Namun pastikan bagian face atau back tidak memiliki cacat yang mengganggu agar bisa digunakan secara maksimal.

Sekian tips untuk memilih plywood dari kami, semoga dengan beberapa cara diatas bisa membantu anda dalam mendapatkan plywood yang sesuai untuk kebutuhan proyek anda. Jika anda masih bingung untuk mendapatkan plywood yang baik dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda maka tidak ada salahnya jika anda menghubungi Kayu Asia Raya, karena kami memiliki solusi kayu yang anda butuhkan.

Kayu Asia Raya memiliki plywood dengan kualitas yang baik untuk kebutuhan anda dengan spesifikasi full meranti yang kuat dan awet. Jangan khawatir masalah harga, karna Kayu Asia Raya akan memberikan penawaran harga terbaik untuk anda.

Kayu Asia Raya – Solusi Kayu Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *